Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Akan Kumpulkan Menteri dari Kementerian yang Baru Dibentuk

Kompas.com - 28/10/2014, 14:02 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro akan segera mengumpulkan para menteri dari kementerian-kementerian yang baru saja dibentuk. Bambang mengaku akan membahas masalah anggaran di kementerian tersebut supaya para menteri mendapat kejelasan soal dana operasional.

"Minggu ini kami ketemu dengan kementerian-kementerian yang berubah, yang baru maupun yang pindah atau bergabung. Supaya clear ke depannya, paling tidak untuk 2 bulan ke depan," ungkap Bambang usai pelantikan pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di gedung Sekretariat Mahkamah Agung, Selasa (28/10/2014).

Khusus untuk Kementerian Koordinator Kemaritiman, Bambang mengaku belum mengetahui sumber pendanaannya. "Itu nanti kami cari cara supaya dua bulan ini paling nggak operasionalnya jalan dulu," imbuh dia.

Seluruh anggaran lembaga baru itu, sebut Bambang, akan disusun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015. "Nanti yang permanen saat APBN-P 2015. Kita belum bicara itu kemarin di sidang kabinet," ucap mantan Wakil Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jokowi melakukan perubahan struktur kabinet dalam Kabinet Kerja. Perubahan-perubahan itu di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perumahan Rakyat digabung menjadi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diubah menjadi Kementerian Pariwisata.

Sementara itu, pemecahan kementerian terjadi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Ristek yang menjadi Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar, dan Menengah serta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kementerian Kehutanan dan Kementerian Lingkungan Hidup digabung menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selanjutnya, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dipecah menjadi Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Terakhir, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat menjadi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Sementara Kementerian Koordinator Kemaritiman adalah lemabag baru yang dibentuk. Kementerian ini dibentuk untuk mengawal visi Jokowi atas negara kemaritiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com