Kompas.com - 28/10/2014, 14:33 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca di lantik sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) yang baru, Susi Pudjiastuti langsung tancap gas untuk memetakan target-target yang akan kerjakan di kementerian yang dipimpinnya.

"Intinya saya akan buat pemetaan yang bisa kita kerjakan dalam waktu dekat. Jadi pemetaan itu terkait dengan Illegal fishing, perikanan budidaya, pemasaran atau karena hambatan impor tarif dan produk kita yang tidak kompetitif," kata Susi, Selasa (28/10/2014).

Guna mendukung raihan terget tersebut, Susi bilang perlu adanya keterbukaan di beberapa sektor khususnya di bidang data. "Saya ingin kerjaan cepat selesai dengan membuat sistem sesederhana mungkin," ujar Susi.

Selain target jangka panjang, Susi juga telah membuat beberapa target jangka pendek. Untuk target jangka pendek Susi mengatakan KKP akan membuat program bantuan untuk nelayan pesisir. Menurut Susi, nelayan juga harus dididik untuk memahami bisnis. "Kita ingin berpikir bisnis komersialisasi dari sektor nelayan," ujar Susi.

Sebagai orang yang berpengalaman di sektor transportasi udara dan laut, salah satu langkah yang dilakukan untuk membantu pemasaran hasil perikanan adalah adanya bandara. "Nggak usah bikin bandara baru yang mahal capai Rp10 miliar-Rp 20 miliar kita tidak ingin seperti itu," katanya.

Dengan tidak adanya dukungan transportasi tersebut, sekarang harga lobster rata-rata hanya berada di kisaran Rp 30.000-Rp 40.000 per ekor karena banyak yang mati. (Handoyo)

baca juga: Kisah Susi Pudjiastuti Membesarkan Bisnisnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.