Kompas.com - 29/10/2014, 07:39 WIB
Jack Ma businessweekJack Ma
EditorBambang Priyo Jatmiko

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Jack Ma, pendiri Alibaba asal China membangun kekayaannya dari perusahaan e-commerce. Namun, dia sendiri tak pernah berbelanja online.

"Saya tidak berbelanja online. Istri saya membeli apapun dari rumah: kepiting laut, kepiting segar, apapun," kata dia, saat diwawancara Wall Street Journal, Senin (27/10/2014).

Pengalaman Ma yang minim dalam berbelanja online tak menghalangi dirinya mengembangkan sektor e-commerce. September lalu, Ma sukses melepas perdana saham Alibaba dan menjadi initial public offering (IPO) terbesar dalam sejarah.

Kekayaan Ma saat ini 27,1 miliar dollar AS, menurut Bloomberg Billionaires Index, tumbuh pesat dari 7,1 miliar dollar AS di tahun lalu. Pria yang dulu seorang guru bahasa Inggris dengan upah 20 dollar AS per jam ini, kini menjadi orang terkaya di China dan terkaya ke-22 di dunia.

"Jadi, Anda membuat uang lebih banyak di 90 hari terakhir di Alibaba, ketimbang yang dilakukan Amazon selama 20 tahun," tanya Dennis Berman dari Wall Street Journal. Ma mengiyakan hal tersebut.

Meski begitu, Ma enggan berpuas diri. Dia sudah merencanakan ide baru. Ma berencana mengolaborasikan perusahaan pembayarannya, Ali Pay dengan aplikasi milik Apple yaitu Apple Pay.

Tim Cook, CEO Apple yang naik ke panggung setelah Ma mengatakan, tertarik dengan kolaborasi tersebut. (Sanny Cicilia)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.