Kompas.com - 29/10/2014, 09:58 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan direspon positif oleh pasar. Hal itu terlihat dari naiknya saham perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan hasil laut, PT Dharma Samudera Fishing Industries Tbk (DSFI).

Saham DSFI selama ini masuk kategori saham tidur dengan harga berada di kisaran Rp 50 per saham. Namun pada hari ini, Rabu (29/10/2014), saham tersebut naik signifikan hingga sebesar 28,36 persen di level Rp 86 per saham.

DSFI merupakan perusahaan yang sudah 40 tahun bergerak di bidang pengolahan hasil laut, dengan produk antara lain tepung roti ikan, fillet ikan, sashimi, cutlets ikan, steak ikan, dan daging ikan blok. Perusahaan ini juga menjalin kemitraan dengan komunitas nelayan sebagai pemasok bahan baku produk perseroan.

Sebagaimana diketahui, Susi Pudjiastuti diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Meskipun tidak mengenyam pendidikan formal hingga perguruan tinggi, Susi dinilai memiliki visi dalam memajukan sektor perikanan di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Analis Universal Broker Indonesia Satrio Utomo saat dimintai pendapat mengenai kenaikan harga saham DSFI menyatakan sejauh ini kenaikan saham tersebut belum mencerminkan fundamental perusahaan.

"Ini lebih didorong karena spekulasi, bahwa ada ada potensi bisnis yang bisa diraih oleh emiten. Bagaimanapun, setiap kebijakan pemerintah selalu direspon dengan mengaitkan ke sektor emiten," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.