Sudirman: Jokowi Naikkan Harga BBM demi Kesejahteraan Rakyat

Kompas.com - 01/11/2014, 16:34 WIB
Aktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34-10206, Jakarta. KOMPAS/PRIYOMBODOAktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34-10206, Jakarta.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah punya rencana untuk menaikkan harga BBM bersubsidi. Menurut Sudirman, alasan Jokowi ingin menaikkan harga BBM dengan tujuan kesejahteraan rakyat.

"Beliau (Jokowi) yakin ini penting buat rakyat," ujar Sudirman di dalam diskusi "Mimpikah Kedaulatan Energi?", Sabtu (1/11/2014).

Sudirman menilai sikap Presiden Jokowi sangat mulia. Pasalnya tidak sembarang pemimpin mampu dan mau menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Perlu disadari oleh kita, kita ini sudah sering menghindari pekerjaan yang sulit tapi penting untuk rakyat," ungkap Sudirman.

Sudirman menjelaskan, saat ini tangki cadangan minyak dalam negeri sudah menipis. Jika harga BBM tidak dinaikkan, maka masyarakat akan terus mengonsumsi dengan harga murah tanpa memiliki cadangan baru.

"Tangki-tangki penyimpanan kita hanya mampu menyimpan cadangan 18 hari dan itupun turun terus. Kalau begitu, gimana caranya kita mau berdaulat dalam energi," papar Sudirman. (Adiatmaputra Fajar Pratama)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.