Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Melemah di Atas Level 12.100

Kompas.com - 03/11/2014, 10:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rupiah di pasar spot pada pagi ini bergerak melemah. Mata uang Garuda diperdagangkan Rp 12.105 per dollar AS pada pukul 09.55 WIB.

Pada hari terakhir pekan lalu, rupiah ditutup dengan penguatan ke level 12.085 per dollar AS.

Albertus Christian, analis PT Monex Investindo Futures, mengatakan, penguatan dollar AS pada akhir pekan lalu terhambat lantaran harga minyak menurun. Hal ini berdampak positif pada neraca perdagangan Indonesia.

Terlebih lagi, pejabat OPEC menyatakan bahwa produksi minyak tidak akan dipangkas. Hal ini mengindikasikan OPEC rela memberikan diskon. "Turunnya harga minyak membuat beban defisit anggaran pemerintah Jokowi tidak berat sehingga menguatkan rupiah," kata dia.

David Sumual, ekonom Bank Central Asia (BCA), mengatakan, penguatan ini merupakan hasil spekulasi pengumuman perdagangan dan inflasi yang diharapkan lebih baik. Ia melihat, rupiah akan cenderung membuat pasar menunggu. Jika data yang dirilis positif, maka rupiah akan menguat.

Sementara itu, stimulus Bank of Japan sebesar 3 triliun yen setahun yang naik tiga kali lipat juga bakal membawa berkah bagi bursa saham di Asia, termasuk Indonesia.

Untuk hari ini, David memperkirakan, rupiah terhadap dollar AS bergerak di level 12.000–12.100, sementara Christian memprediksi di level 12.015–12.120. (Dina Mirayanti Hutauruk, Sanny Cicilia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com