Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Orang Asing Jadi Pekerja di Kapal, Ini Komentar Susi

Kompas.com - 03/11/2014, 17:16 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengakui banyaknya pekerja kapal di Indonesia merupakan pekerja asing. Namun, dia menolak jika ada yang mengatakan bahwa dominasi pekerja asing itu karena nelayan atau pekerja Indonesia malas.

"Orang Indonesia malas? Saya rasa tidak. Saya tidak yakin orang Indonesia malas," ujar Susi saat menggelar jumpa pers terkait moratorium illegal fishing di kantornya, Jakarta, Senin (3/11/2014).

Dia menuturkan, daya saing pekerja kapal asing dan Indonesia bukanlah karena faktor orang asing yang lebih rajin daripada orang Indonesia, melainkan karena kurangnya pelatihan ataupun pendidikan kepada para pekerja kapal Indonesia.

Sementara itu, terkait upah murah pekerja kapal, Susi mengatakan perlu adanya pembicaraan dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Pasalnya, kata dia, upah pekerja kapal di Indonesia masih terbilang kecil jika dibandingkan pekerja kapal asing.

"Upah murah di perkapalan kita harus bicara dengan Menteri Ketenagakerjaan soal upah minimum," kata Susia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com