Kerja Sama Jalan Tol dan Kereta Api, Pemerintah Gandeng Tiongkok

Kompas.com - 04/11/2014, 09:48 WIB
Ilustrasi pembangunan jalan tol kompas.com/ syahrul munirIlustrasi pembangunan jalan tol
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Jasa Marga (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) pembentukan tim kerja (working group) kerja sama dengan konsorsium China Investment Fund (CIF) untuk pengembangan jasa perkeretaapian dan jalan tol di Indonesia.

Penandatangan MoU itu dilaksanakan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (3/11/2014) kemarin, dengan disaksikan oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xie Feng.

Sofyan menyebutkan, kerja sama itu meliputi China Railway dengan KAI dan konsorsium CIF dengan Jasa Marga. "Detil kerangka kerja sama dua sektor tersebut diharapkan bisa diimplementasikan dan didiskusikan lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan," kata Sofyan.

Ia mengatakan, kesepakatan kerja sama ini menjadi langkah awal yang baik untuk masa kedua negara dalam pengembangan sektor publik.

Sementara itu, Dubes China untuk Indonesia Xie Feng berharap nota kesepahaman ini secepatnya menjadi pendorong utama kerja sama yang memberi keuntungan nyata bagi masyarakat.

Namun, detil rencana pembangunan proyek-proyek yang akan dilakukan belum diungkapkan termasuk nilai investasinya.

Ketika ditanya lebih lanjut soal pertemuan tersebut, baik Sofyan Djalil, Rini M Soemarno maupun Ignasius Jonan, tidak berkomentar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.