Jokowi Targetkan Indonesia Swasembada Pangan 3 Tahun Lagi

Kompas.com - 04/11/2014, 14:27 WIB
Ilustrasi beras di gudang Bulog KOMPAS / HENDRA A SETYAWANIlustrasi beras di gudang Bulog
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com
- Presiden Joko Widodo mengungkapkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) harus dialokasikan ke sektor produktif. Salah satu yang menjadi sasaran adalah bantuan di sektor pertanian. Dengan pengalihan subsidi ini, Jokowi menargetkan Indonesia bisa swasembada pangan dalam tiga tahun mendatang.

"Pengalihan subsidi BBM, kita arahkan ke subsidi pupuk untuk petani, subsidi benih untuk petani, infrastruktur dan irigasi ke petani juga. Target kita dalam 3 tahun harus swasembada," ucap Jokowi dalam pertemuan dengan gubernur, kapolda, dan kabinda seluruh Indonesia di Istana Negara, Selasa (4/11/2014).

Jokowi menuturkan, setiap tahunnya akan dibangun 5-7 bendungan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mencatat 52 persen irigasi yang ada di Indonesia rusak. Oleh karena itu, Jokowi menginstruksikan agar pemerintah daerah hingga kementerian terkait bisa bersinergi.

"Jangan sampai nanti dam atau waduk selesai, irigasi baru dilakukan. Ini harus paralel, dalam 2-3 tahun ke depan, semua harus sampung. Semua harus dikerjakan secara terintegrasi," ungkap Jokowi.

Dia juga mengimbau kepala daerah hingga kementerian terkait tidak hanya fokusk pada beras. Produksi gula dan kedelai juga harus ditingkatkan sehingga tidak ada lagi impor pangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.