Proyek Jalur KA ke Tanjung Priok Terkendala, Jonan Siap Selesaikan

Kompas.com - 05/11/2014, 17:48 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan, proyek kereta api ke Pelabuhan Tanjung Priok sampai saat ini masih terkendala pembebasan tanah.

Meski begitu, Jonan mengaku akan menyelesaikan proyek tersebut. "Pembebasan lahan minta waktu sampai akhir tahun ini tinggal 55 hari," ujar Jonan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Jonan menjelaskan, kereta api Pelabuhan Tanjung Priok merupakan proyek yang penting. Pasalnya kata dia, nantinya lalu lintas barang dari dan ke pelabuhan akan lebih cepat. Oleh karena itu, Jonan menuturkan bahwa apapun yang terjadi, KA Pelabuhan Tanjung Priok akan tetap berjalan. "Kalau kami tak bisa selesaikan, ada PT KAI yang akan terusnya," ucap dia.

Sementara itu terkait pembebasan lahan, Jonan mengusulkan jangan terlalu dipaksakan. Menurutnya dia hal yang diutamakan dalam pembebasan lahan adalah perundingan dengan masyarakat terkait harga tanah. "Kalau belum sepakat kita runding lagi, jangan terlalu dipaksa," kata mantan Dirut KAI itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.