Mendag Rachmat: Saya Tentukan Angkanya, Kalian Pikir Caranya..

Kompas.com - 06/11/2014, 12:41 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Target ekspor Indonesia dalam lima tahun ke depan dipatok meningkat 300 persen. Menteri Perdagangan Rachmat Gobel sangat yakin target tersebut bisa terealisasi, meski banyak orang yang menyangsikan.

Dalam pidato dalam seminar 'Economic Outlook: Indonesia 2015 and Beyond: Reinventing Economic Priorities', Jakarta, Kamis (6/11/2014), Rachmat mengatakan, banyak yang bertanya pada dirinya, termasuk jajarannya di Kementerian Perdagangan, bagaimana pemerintah mengejar target tersebut.

"Banyak yang bertanya (caranya)? Saya hanya jawab, 'Kalian pikir sendiri'. Saya tentukan angkanya saja," kata dia.

Lebih lanjut Rachmat mengatakan sebetulnya pemerintah tidak perlu ngoyo mengejar 300 persen ekspor dalam lima tahun mendatang, jika pada 10 tahun ini pemerintah betul-betul berupaya untuk meningkatkan nilai ekspor.

"Itu (target 300 persen) sebenarnya saya hanya mengejar ketertinggalan, di sini lho seharusnya Indonesia," ungkap Rachmat.

Dia juga bilang, sangat optimistis target tersebut dapat terealisasi dengan memanfaatkan kesempatan perdagangan bebas. Selain itu, dia juga yakin, rencana pemerintah untuk membangun pembangkit listrik 35.000 megawatt akan mendorong daya saing industri.

Pembenahan infrastruktur pertanian, dan penanganan illegal fishing juga diharapkan dapat mengerek nilai ekspor Indonesia, selama lima tahun ke depan.
baca juga: Rahmat Gobel Targetkan Ekspor RI Naik Tiga Kali Lipat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.