Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Rachmat: Saya Tentukan Angkanya, Kalian Pikir Caranya..

Kompas.com - 06/11/2014, 12:41 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Target ekspor Indonesia dalam lima tahun ke depan dipatok meningkat 300 persen. Menteri Perdagangan Rachmat Gobel sangat yakin target tersebut bisa terealisasi, meski banyak orang yang menyangsikan.

Dalam pidato dalam seminar 'Economic Outlook: Indonesia 2015 and Beyond: Reinventing Economic Priorities', Jakarta, Kamis (6/11/2014), Rachmat mengatakan, banyak yang bertanya pada dirinya, termasuk jajarannya di Kementerian Perdagangan, bagaimana pemerintah mengejar target tersebut.

"Banyak yang bertanya (caranya)? Saya hanya jawab, 'Kalian pikir sendiri'. Saya tentukan angkanya saja," kata dia.

Lebih lanjut Rachmat mengatakan sebetulnya pemerintah tidak perlu ngoyo mengejar 300 persen ekspor dalam lima tahun mendatang, jika pada 10 tahun ini pemerintah betul-betul berupaya untuk meningkatkan nilai ekspor.

"Itu (target 300 persen) sebenarnya saya hanya mengejar ketertinggalan, di sini lho seharusnya Indonesia," ungkap Rachmat.

Dia juga bilang, sangat optimistis target tersebut dapat terealisasi dengan memanfaatkan kesempatan perdagangan bebas. Selain itu, dia juga yakin, rencana pemerintah untuk membangun pembangkit listrik 35.000 megawatt akan mendorong daya saing industri.

Pembenahan infrastruktur pertanian, dan penanganan illegal fishing juga diharapkan dapat mengerek nilai ekspor Indonesia, selama lima tahun ke depan.
baca juga: Rahmat Gobel Targetkan Ekspor RI Naik Tiga Kali Lipat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com