Anggota OKI Siapkan Strategi Hadapi Ancaman Krisis Ekonomi Global

Kompas.com - 06/11/2014, 15:15 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo. KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SGubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo.
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menuturkan, negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) sudah menyiapkan strategi dalam menghadapi potensi krisis ekonomi global.

Menurut Agus, secara garis besar pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan di antara negara-negara anggota OKI untuk menjaga stabilitas perekonomian negaranya masing-masing melalui penerapan kebijakan makroprudensial dan pendalaman pasar uang, terutama inklusi keuangan.

"Kami sepakat, makroprudensial harus terus diperkaya dan pembangunan kapasitasnya harus dilakukan dengan baik," tutur Agus.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengimbuhkan bahwa Indonesia merupakan salah satu contoh sukses pengembangan inklusi keuangan. Terutama, inklusi keuangan yang diterapkan dalam program sosial pemerintah.

Namun demikian, masih ada sisi lain peningkatan keuangan inklusif yang masih perlu dipelajari oleh Indonesia. Peningkatan tersebut antara lain upaya pengelolaan zakat dan waqaf. Indonesia perlu mempelajari best practice dari negara-negara anggota OKI yang sudah berhasil menjalankannya.

"Dalam praktiknya, berbagai negara ini sumber dana tunai dalam bentuk fisik dalam bentuk wakaf. Negara Timur Tengah sudah banyak menggunaan aktiva tetap bisa digunakan dalam bentuk sukuk atau bentuk lain untuk pembiayaan ekonomi," tukasnya.

Adapun, negara-negara anggota OKI yang hadir di Surabaya, antara lain Aljazair, Bangladesh, Brunei, Kamerun, Mesir, Iran, Irak, Yordania, Kazakhstan, Libya, Malaysia, Maladewa, Mauritania, Maroko, Mozambik, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sierra Leone, Somalia, Sudan, Suriname, Turki, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Yaman, persatuan bank sentral Afrika Barat, serta Thailand sebagai observer.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.