CEO Indofood Minta Jokowi Pangkas Ekonomi Biaya Mahal

Kompas.com - 07/11/2014, 14:50 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Indofood Franciscus Wilarang merasa jengkel dengan biaya logistik di Indonesia yang sangat mahal. Dia pun meminta Presiden Jokowi untuk mampu memangkas biaya logistik tersebut.

"Yang kita ingin kan mengenai konsep tol laut itu, tunjuannya untuk menurunkan biaya logistik nasional melalui laut," ujar Franciscus setelah acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Dia menjelaskan, konsep tol laut Jokowi memang merupakan jawaban tepat untuk memangkas biaya logistik mahal itu. Namun, Franciscus mengingatkan bahwa pelayaran hanya bagian kecil dari distribusi. Dia mengusulkan agar Presiden juga harus membangun infrastruktur pelabuhan. Pasalnya proses bongkar muat kapal terjadi di pelabuhan.

"Tapi ini menyangkut pelabuhan dan kapal, biaya logostik kita 3 kali lipat dari negara lain. Ada angkutan darat ke pelabuhan, dari pelahuhan langsung di muat ke kapal lalu pelayaran. Sampai di pelahuhan lagi di bongkar, pelayaran itu hanya setengah," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.