Mendagri Dukung Rencana Menteri Susi Menghapus Retribusi dari Nelayan Kecil

Kompas.com - 08/11/2014, 07:23 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA TRIBUN NEWS / DANY PERMANAMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berencana menghapus retribusi dari nelayan dengan kapal berukuran kurang dari 10 gross ton (GT). Apa tanggapan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo soal hal ini?

“Ya harus setuju. Ini kan untuk pemberdayaan masyarakat kita. Bagaimana dia mau makmur, (kalau) cari solarnya sulit, tangkapan ikannya juga enggak jelas, (masih) dia harus bayar (retribusi)?” kata Tjahjo kepada wartawan di Kementerian Keuangan, Jumat (7/11/2014).

Adapun terkait rencana lain Susi untuk mengganti penerimaan daerah yang hilang dari penghapusan retribusi itu dengan dana alokasi khusus (DAK), Tjahjo menyerahkan keputusannya kepada Kementerian Keuangan. “DAK yang memutuskan nanti biar Menteri Keuangan,” ujar dia.

Tjahjo pun lalu mengungkapkan keprihatiannya soal kehidupan nelayan kecil. “Nelayan kan kasihan juga. Mau melaut kena retribusi, mau jual ikannya di TPI kena retribusi. Ini kan harus di-stop,” tegas dia.

Peraturan perundangan mengatur pemerintahan daerah dapat menarik beberapa jenis retribusi di luar pajak yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah. Secara struktural, kebijakan terkait pemerintahan daerah dan atau koordinasinya dengan Pemerintah Pusat adalah lewat Kementerian Dalam Negeri.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.