Commonwealth Bank Indonesia Gelar Literasi Keuangan untuk Perempuan

Kompas.com - 11/11/2014, 14:25 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Commonwealth Bank Indonesia memperkenalkan gerakan Women Investment Series (WISE) di Jakarta, Selasa (11/11/2014). Gerakan yang diinisiasi oleh anak usaha Commonwealth Bank Australia (CBA) Group tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan Indonesia.

Salah satu cara yang ditempuh dalam gerakan ini adalah melalui edukasi. Adapun bentuk lain program WISE berupa riset dan penelitian, seminar, aplikasi ponsel, pemberian program beasiswa short course mengenai literasi keuangan, dan publikasi artikel edukasi di media cetak serta elektronik.

Menurut Executive Vice President, Head of Wealth Management and Business Strategy Commonwealth Bank, Rian Eriana Kaslan, gerakan ini bukan langkah pemasaran. Dalam penjelasannya di Jakarta, Riana menegaskan bahwa WISE merupakan pengembangan edukasi yang sudah mulai dicanangkan pada awal 2000-an lalu.

"Gerakan ini bukan salah satu acara atau bukan jualan. Ini adalah gerakan sadar keuangan dari perempuan untuk perempuan. Terpadu dan berkesinambungan," tuturnya.

Menurut Rian, langkah meningkatkan literasi keuangan untuk perempuan tersebut merupakan bagian dari inklusi keuangan. Hanya saja, upaya meningkatkan literasi keuangan ini secara spesifik memilih perempuan kelas menengah.

Tingginya jumlah kelas menengah dan posisi perempuan kelas menengah sebagai motor perekonomian membuat edukasi ini tergolong penting.

"Kami inklusif tapi sangat spesifik. Kami akan memulai dari segmen wanita kelas menengah. Ini adalah segmen yang sangat penting. Ini adalah motor dari kelangsungan perekonomian kita; mulai bekerja dan memiliki penghasilan. Perempuan yang membangun usaha, ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Rian, metode penyampaian literasi keuangan pada perempuan Indonesia pun akan beragam dan dirancang secara khusus. Tidak hanya sekadar memberikan informasi, upaya edukasi ini pun memiliki kurikulum tertentu.

Kekhususan metode disambut baik oleh anggota Advisory Board yang akan mengawasi program edukasi ini. "Metode yang tepat adalah kunci," tutur Anggota Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bidang Edukasi dan Perlindungan konsumen, Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.