Bangun Balai Pengujian Kereta Api, Kemenhub Siapkan Rp 9 Miliar

Kompas.com - 12/11/2014, 15:56 WIB
Ilustrasi. KOMPAS/AGUS SUSANTOIlustrasi.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun balai pengujian kereta api di kawasan Banten. Rencananya Kemenhub akan menganggarkan dana awal pembangunan sekitar Rp 9 miliar.

"Kita belum punya balai pengujian. Tapi kita berencana bangun di Banten. Dana pembangunan tempat uji layak Rp 9 miliar tahun depan, target Rp 500 miliar," ujar Direktur Sarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Dwi Budi S saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Dia menjelaskan, dana Rp 9 miliar itu memang relatif kecil, pasalnya pembebasan lahan pun belum selesai. Rencananya balai pengujian akan memiliki panjang trek 10 kilometer. "Lahan belum beres, panjang 10 kilometer, pembebasan double track kan disana juga, jadi sekalian tes trek disana," kata dia.

Selama ini kata Dwi, pemeriksaan sarana perkeretaapian dilakukan di Depo atau Balai Yasa. Oleh karena itu menurutnya, Kemenhub memandang bahwa balai pengujian kereta api sangat penting di tahun-tahun mendatang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.