Meski Banyak Keluhan, Kemenhub Dukung INKA Produksi Kereta Api

Kompas.com - 12/11/2014, 19:17 WIB
Kereta KRL buatan INKA saat uji coba perdana.
KOMPAS/LASTI KURNIAKereta KRL buatan INKA saat uji coba perdana.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengakui kereta api buatan PT INKA masih memiliki banyak kekurangan. Meskipun begitu, Kemenhub akan terus mendukung BUMN tersebut untuk menghasilkan produksi kereta api yang lebih baik.

"Memang kita akui beberapa kekurangan, tapi harusnya kita dukung," ujar Direktur Sarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungungan Dwi Budi S di kantornya, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Dwi menjelaskan, berbagai masalah memang ditemui dalam produksi buatan PT INCA, salah satunya terkait masalah pada layar di lokomotif. PT KAI sebagai pemesan kereta api PT INCA kata Dwi sempat melayangkan komplain.

Namun demikian, di balik berbagai kekurangan itu, Kemenhub tetap mengapresiasi PT INKA yang memproduksi kereta api dalam negeri. Ke depan kata Dwi, produksi kereta api dalam negeri harus terus ditingkatkan. "Keretanya (non KRL) tidak banyak masalah, yang KRL banyak komplain dari PT KAI tetapi 90 persen siap jalan," ujar Dwi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.