SKK Migas Gelar Raker dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama

Kompas.com - 13/11/2014, 09:42 WIB
|
EditorErlangga Djumena
DENPASAR, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menggelar Rapat Kerja Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2014 bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), mulai 13 November hingga 15 November 2014.

Ketua Pelaksana Raker TIK 2014, Mohamad Baidowi menuturkan, raker kali ini mengambil tema 'Penyelarasan Kebutuhan Bisnis Melalui Pengembangan Fasilitas Nasional Demi Terwujudnya Pusat Unggulan TIK di Hulu Migas'. Bekerjasama dengan tiga KKKS, Medco, Pertamina PHE WMO, serta INPEX, raker yang dihadiri Plt Kepala SKK Migas Johannes Widjonarko ini dibagi menjadi tiga Pokja, yakni business lining, national capacity building, serta ICT Excellence Center.

"Dalam rangkaian kegiatan raker ini kami juga mengadakan bakti sosial di Bangkalan," ujar Baidowi.

Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis SKK Migas, M I Dzikrullah mengatakan, raker ini terselenggara untuk memenuhi tuntutan keterbukaan informasi. Dalam perhelatan ini, akan dibahas soal sistem operasi terpadu (SOT).

Saat ini, SKK Migas bersama KKKS telah menyelesaikan data produksi gas sebesar 80 persen, dan data produksi minyak dan kondensat sebesar 81 persen.

"SOT ini akan menjadi acuan Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM, BPK, dan KPK. Oleh karena itu, selesainya program ini pada Desember sangat kita harapkan, karena kita tahu revenue migas menjadi penunjang APBN 2015," kata Emir.

Lebih lanjut Emir menjelaskan, pelaksanaan raker ini bertujuan untuk menciptakan keselarasan bisnis TIK di industri migas. Setelah ada keselarasan, maka SKK Migas bisa melakukan pemetaan dan menganalisa kesenjangan. Hasilnya, akan digunakan untuk mengembangkan layanan operasional bisnis migas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada hari pertama, akan dibahas soal kebutuhan bisnis dari fungsi-fungsi lain seperti perencanaan, eksplorasi, eksploitasi, dan keuangan. Sementara itu pada hari kedua, akan dibahas mengenai implementasi TIK.

Sejumlah pembicara yang diagendakan hadir pada hari kedua antara lain Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, serta Dr. Budi Rahardja dari Institut Teknologi Bandung (ITB). "Ibu Risma akan berbagi bagaimana mengembangkan e-gorvernment di Surabaya," ucap Emir.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.