Pertumbuhan Ekonomi Tinggi Bisa Dicapai dengan Reformasi Strukur

Kompas.com - 14/11/2014, 01:03 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Keinginan pemerintah agar pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai kisaran 5,4 sampai 5,8 persen di tahun depan dinilai tidak mustahil oleh Dewan Gubernur Bank Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menuturkan, pertumbuhan ekonomi sebesar itu bisa dicapai jika pemerintah konsisten melaksanakan reformasi struktur.

"Ada kesan yang ingin kita sampaikan, pertumbuhan ekonomi ingin mencapai lebih dari 5,4 sampai 5,8 (persen) tentu yang paling utama, terus dilakukannya reformasi struktur. Salah satu yang utama adalah pengelolaan subsidi daripada energi, baik itu BBM maupun listrik," tutur Agus, Kamis (13/11/2014).

Agus juga menjelaskan bahwa perbaikan pengelolaan perlu dilakukan dalam sektor pangan, infrastruktur, dan pembangunan kelembagaan. "Kalau bisa dilakukan konsisten, kita akan melihat bahwa kita akan memiliki ekonomi yang lebih baik," ujarnya.

Hal senada disampaikan pula oleh Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo. Dia menuturkan, setidaknya ada tiga hal yang membuat BI percaya diri bahwa pertumbuhan tersebut bisa dicapai. Ketiga hal tersebut adalah karena pertumbuhan ekonomi dunia menunjukkan perbaikan dan mendorong ekspor Indonesia, adanya kenaikan investasi, dan adanya ekspansi dari sisi fiskal.

"Tahun ini fiskal terkendala karena memang defisitnya harus ditekan sampai 2,4 persen. Sehingga dari sisi konsumsi pemerintahnya memang triwulan satu triwulan dua cukup rendah. Ke depannya, ekspansi pemerintah akan kembali lebih positif," ujar Perry.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.