Kompas.com - 19/11/2014, 15:03 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggencarkan bisnis layanan remitansi ke luar negeri. Terakhir, BUMN ini meluncurkan layanan DELIMA di Jepang untuk memudahkan masyarakat Indonesia yang berada di negara tersebut melakukan pengiriman uang.

Layanan Delima di Jepang ini terselenggara atas kerjasama antara Finnet Indonesia selaku anak usaha Telkom dengan Kyodai Remittance Unidos, yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Direktur Utama Finnet Indonesia Otong Iip dan Managing Director Kyodai Remittance Unidos, Yuichiro Kimoto.

“Finnet Indonesia menyediakan layanan Delima berbasis Information & Communication Technology (ICT) sehingga dapat meningkatkan layanan transaksi pengiriman uang oleh Kyodai Remittance Unidos antara Jepang dan Indonesia,” ujar Otong Iip dalam keterangan resminya, Rabu (19/11/2014).

Perseroan menilai, pasar Jepang sangat menjanjikan mengingat masyarakat Indonesia yang menjadi pekerja dan bermukim di Negeri Sakura itu  berjumlah sekitar 40.000 orang dengan pendapatan besar karena sebagian besar bekerja di sektor industri.

Rata-rata nilai transaksi dari Jepang ke Indonesia sebesar Rp 5 juta - Rp 10 juta per transaksi. Angka ini jauh di atas rata-rata nilai transaksi remitansi dari Hongkong sebesar Rp 2 juta - Rp 2,5 juta per transaksi.

Secara terpisah Direktur Enterprise dan Business Service Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa Delima membawa konsep "business follows the people", yakni dengan menyasar negara-negara yang banyak didatangi masyarakat Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.