"Be Smarter Community", Menjadikan UKM Indonesia Lebih Pintar

Kompas.com - 20/11/2014, 10:48 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Jepang menjadi negara maju bukan karena didukung oleh perusahaan raksasa internasional saja, namun karena disokong oleh usaha kecil menengah (UKM) yang smart dan sehat. Demikian CEO PT Indonesia Research Institute Japan (Indonesia Soken),  Albertus Prasetyo Heru Nugroho.

Menurut dia,  jumlah UKM di Jepang saat ini merupakan 99 persen dari total perusahaan yang ada di negara Matahari Terbit itu. ”Jadi jangan dibayangkan bahwa Jepang itu sophisticated semua. Tukang-tukang dan perajin-perajin dengan jiwa craftmanshipnya sangat dihormati di Jepang. Tahukah Anda bahwa Iphone Anda digosok manual oleh tenaga-tenaga
perajin Jepang?” tutur Prasetyo.

Sebagai upaya pemberdayaan UKM Indonesia, sebut Prasetyo,  Indonesia Soken bersama Mitsubishi Electric, telah meluncurkan "Be Smarter Community", yakni laman facebook untuk wadah komunitas smart dan kreatif bagi anak bangsa untuk berkontribusi sesuai dengan bidang yang digeluti masing-masing.  Komunitas ini juga menggandeng pelaku UKM kreatif sebagai pembina, seperti owner restaurant steak Holycow, designer batik dan kain nusantara Mahija, interior design Maison, dan Kampus STIAMI.

Be Smarter Community, lanjut dia,  akan menyelenggarakan workshop-workshop pemberdayaan UKM dan melakukan matching dengan UKM dan investor Jepang. ”Kami akan melakukan pembinaan dan mencarikan partner dari Jepang baik berupa investasi maupun kerjasama teknologi,” ujarnya.

Jika dilihat di laman facebooknya, sebutnya, bisa ditemukan artikel-artikel yang menggugah dan
menggelitik jiwa entrepreneurship. "Tidak ada yang sempurna dari awal bahkan Jepang pun juga demikian. Karena dirancang supaya investor Jepang dan UKM Jepang nanti bisa juga bersama-sama menggandeng UKM Indonesia, maka dalam laman facebooknya tidak melulu diunduh artikel tentang Jepang namun juga permasalahan-permasalahan yang ada di
Indonesia seperti rokok,kemacetan dan lain-lain," jelasnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.