Ganti Rugi Pengosongan Lahan Waduk Jatigede Rp 692,5 Miliar

Kompas.com - 21/11/2014, 06:07 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah telah bersepakat dengan warga terdampak proyek Waduk Jatigede dengan ganti rugi mencapai Rp 692,575 miliar.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan biaya ganti rugi pengosongan area waduk terbagi menjadi dua kategori,yakni kategori A dengan kompensasi senilai Rp 488,375 miliar dan kategori B ganti rugi rumah senilai Rp 204,2 miliar.

“Keseluruhan dananya, uang penanganannya kategori A dan kategori B sebesar Rp 692,5 miliar lebih,” kata dia, Kamis (20/11/2014).

Gubernur yang akrab disapa Aher ini menjelaskan, jumlah penduduk yang harus diberikan kompensasi ada sebanyak 11.469 kepala keluarga (KK). Kategori A atau kelompok pertama adalah mereka yang berhak mendapat kompensasi berdasarkan Permendagri No.15 tahun 1975, yakni sebanyak 4.514 KK.

“Mereka ini dapat penggantian Rp 108,191 juta per KK. Mudah-mudahan cukup besar dan membuat mereka pindah dan mereka dapat rumah kembali. Kita akan kawal mereka jangan sampai uang dihambur-hamburkan,” jelas Aher.

Selain uang penggantian rumah, kategori A juga mendapat kompensasi atas hilangnya selama enam bulan, yakni sebesar Rp 3,7 juta per bulan. Menurut Aher, kompensasi inilah yang membuat ganti rugi bagi kategori A sangat tinggi.

“(Sedangkan) Kategori B, ada 6.955 KK yang pembebasan lahannya berdasarkan Keppres No.55 tahun 1993, dan Perpres No.36 tahun 2005. Ini per KK mendapatkan Rp 29,36 juta. Dibagikan per rekening,” ucap Aher.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.