Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Obligasi Indonesia Diluncurkan

Kompas.com - 21/11/2014, 13:32 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) meluncurkan indeks obligasi bernama Indonesia Bond Indexes (INDOBeX).

INDOBeX berfungsi mengukur kinerja dan tren pergerakan pasar obligasi. Peluncuran INDOBeX yang diadakan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (21/11/2014) juga dihadiri oleh Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro.

Direktur Utama IBPA Ignatius Girendroheru menuturkan, layaknya IHSG, INDOBeX juga diharapkan akan menjadi sumber yang terpercaya dan memudahkan pasar mengukur kinerja obligasinya secara obyektif.

"Peluncuran INDOBeX merupakan jawaban atas kebutuhan ketersediaan sebuah indikator pasar yang obyektif, kredibel, dan reliable yang mencerminkan kondisi pasar obligasi Indonesia yang sesungguhnya," ujarnya.

INDOBeX dibagi dalam tiga jenis indeks. Setiap indeks memiliki lima tipe perhitungan. Jika ditotal, INDOBeX memiliki 15 seri indeks. Perlu diketahui, ketiga jenis indeks INDOBeX adalah INDOBeX Composite, INDOBeX Government, dan INDOBeX Corporate.

Sementara, setiap indeks dibagi kembali dalam lima tipe perhitungan berdasarkan total return, clean price, gross price, effective yield, dan gross yield until redemption.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menilai bahwa peluncuran INDOBeX merupakan salah satu bentuk pendalaman pasar surat utang, termasuk pasar SBN. "Sangat penting bagi pemerintah meningkatkan kedalaman pasar SBN domestik dengan berbagai upaya pendalaman pasar yang telah, dan akan terus dilakukan. Salah satunya, melalui peluncuran INDOBeX," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com