Kompas.com - 21/11/2014, 13:32 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) meluncurkan indeks obligasi bernama Indonesia Bond Indexes (INDOBeX).

INDOBeX berfungsi mengukur kinerja dan tren pergerakan pasar obligasi. Peluncuran INDOBeX yang diadakan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (21/11/2014) juga dihadiri oleh Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro.

Direktur Utama IBPA Ignatius Girendroheru menuturkan, layaknya IHSG, INDOBeX juga diharapkan akan menjadi sumber yang terpercaya dan memudahkan pasar mengukur kinerja obligasinya secara obyektif.

"Peluncuran INDOBeX merupakan jawaban atas kebutuhan ketersediaan sebuah indikator pasar yang obyektif, kredibel, dan reliable yang mencerminkan kondisi pasar obligasi Indonesia yang sesungguhnya," ujarnya.

INDOBeX dibagi dalam tiga jenis indeks. Setiap indeks memiliki lima tipe perhitungan. Jika ditotal, INDOBeX memiliki 15 seri indeks. Perlu diketahui, ketiga jenis indeks INDOBeX adalah INDOBeX Composite, INDOBeX Government, dan INDOBeX Corporate.

Sementara, setiap indeks dibagi kembali dalam lima tipe perhitungan berdasarkan total return, clean price, gross price, effective yield, dan gross yield until redemption.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menilai bahwa peluncuran INDOBeX merupakan salah satu bentuk pendalaman pasar surat utang, termasuk pasar SBN. "Sangat penting bagi pemerintah meningkatkan kedalaman pasar SBN domestik dengan berbagai upaya pendalaman pasar yang telah, dan akan terus dilakukan. Salah satunya, melalui peluncuran INDOBeX," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.