Kompas.com - 21/11/2014, 16:18 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad. KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SKetua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan tengah mencari jalan keluar mengenai pemberian akses pembiayaan bagi para nelayan.

"Kami tadi juga menyampaikan, 27 Desember 2014 itu akan ada peresmian Pasar Keuangan Rakyat dan berdirinya Lembaga Keuangan Mikro Nelayan," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad, Jumat (21/11/2014).

Dia berharap, Presiden Joko Widodo dapat hadir dalam peresmian yang rencananya akan dilangsungkan di Indramayu tersebut. Indramayu merupakan salah satu lokasi nelayan di pantai utara Jawa.

Muliaman juga menyampaikan, dalam pertemuannya dengan Susi, pembahasan juga mencakup masalah kemaritiman lainnya, termasuk mempermudah pembiayaan pengadaan kapal serta pembangunan cold storage.

"Kita ingin bahas secara menyeluruh bagaimana peranan industri keuangan itu bisa memberikan jalan keluar. Kesulitan akses dan juga kemahalan bunga, misalnya," lanjut Muliaman.

Sebelum meluncurkan Lembaga Keuangan Mikro Nelayan, Muliaman menuturkan bahwa OJK akan menggelar focus group discussion yang akan diikuti oleh berbagai lembaga keuangan, pada 27 November 2014.

"Tanggal 27, kita akan kumpulkan stakeholders dulu. Setelah itu, kita desain business model-nya yang memadai," ucap dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.