Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: "Shock" Kenaikan Harga BBM hanya Dua Bulan

Kompas.com - 24/11/2014, 13:04 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Kepala Bidang Inflasi, Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Bengkulu, Nurul Hasanudin, menyebutkan dampak kejutan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia hanya terjadi paling lama dua bulan.

"Hasil catatan kami mengenai kenaikan harga BBM menjadi kejutan di masyarakat hanya berlangsung satu hingga dua bulan, selanjutnya masyarakat akan terbiasa," kata Nurul Hasanudin dalam rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Bengkulu, Senin, (24/11/2014).

Ia melanjutkan, kejutan kenaikan harga BBMK terjadi pada bahan makanan, selanjutnya segmen yang paling terdampak adalah buruh karena menurunnya daya beli. Bank Indonesia sendiri menargetkan inflasi berkisar 2,5 persen maksimal 3 persen.

Secara umum, inflasi Kota Bengkulu pada triwulan IV 2014 diperkirakan pada kisaran 8,5 persen (year on year). BPS dan BI mengingatkan pemerintah daerah untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok melalui operasi pasar, dan menjamin ketersediaan pasokan, termasuk peningkatan produktifitas lokal.

Untuk menjaga inflasi, Bank Indonesia, BPS dan Pemprov Bengkulu juga meluncurkan website www.hargabengkulu.com. "Situs ini berguna bagi kepala daerah, dan pejabat daerah untuk mengontrol harga di pasaran, selain itu masyarakat juga dapat juga mengirimkan pesan berupa SMS untuk melaporkan bila terjadi kenaikan harga secara mendadak," ujar Plt. Sekda Bengkulu, Sumardi dalam kegiatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com