Bos Saratoga Tertarik Kembangkan Geothermal dan Biomasa

Kompas.com - 25/11/2014, 15:45 WIB
Pengusaha, Sandiaga Uno Kompas.com/Kurnia Sari AzizaPengusaha, Sandiaga Uno
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sandiaga S. Uno, co-founder Saratoga Capital mengaku kepincut menjajaki peruntungan bisnis energi baru terbarukan. Sandi mengaku Saratoga selalu tertarik masuk infrastrtuktur dan energi.

Saratoga sedianya telah mengepakkan bisnisnya di sektor jalan tol, tower, serta pembangkit energi (power). "Tapi kelihatannya masih kurang. Saya sih kepinginnya lebih fokus ke renewable energy, karena kita punya potensi bagus banget," kata Sandi ditemui di sela-sela Indonesia Economic Forum, Selasa (25/11/2014).

Menurut Sandi, potensi panas bumi (geothermal) menjadi peluang menarik untuk digarap. Selain geothermal, perusahaannya juga melirik energi hydro. "Saya rasa tadi kita bicara mengenai agriculture, saya rasa biomassa bagus juga," lanjut Sandi.

Sebagai informasi, pemerintahan Joko Widodo memiliki banyak sekali rencana pengembangan infrastruktur, termasuk proyek-proyek energi. Tidak seluruhnya didanai dari APBN. Ada beberapa di antaranya untuk dikerjasamakan dengan swasta melalui skema Public Private Partnership.

Sebagai pengusaha, Sandi mendukung rencana pemerintah itu. Sebab, sumber pendanaan pemerintah dari APBN pun terbatas. "Kalau terbatas, terutama proyek yang viable secara bisnis udah bisa dikerjakan ke sektor swasta, ini seharusnya bisa dilepas ke swasta," kata Sandi.

Dengan dilepas ke swasta, maka pengusaha yang punya kemampuan membangun infrastruktur itu akan mampu meningkatkan kapasitas mereka. "Akhirnya akan menjadi lokomotif, menarik kelas menengahnya akan tumbuh. Yang belum sejahtera akan menjadi sejahtera," pungkas Sandi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.