Pemerintah Siapkan Skema Kenaikan Upah untuk Jangka Waktu 5 Tahun

Kompas.com - 25/11/2014, 15:55 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Memperin) Saleh Husin akan membahas usulan Asosiasi Penguasa Indonesia (APINDO) megenai skema kenaikan upah selama 5 tahun bagi pekerja.

Pembahasan itu dilakukan karena selama ini menurut Menperin, selalu terjadi friksi antara buruh dan pengusaha dalam penetapan upah minimum. "Industri mau apa nanti ketemu dengan Kemenaker (Kementerian Tenaga Kerja) besok, sejalan dengan apa yang saya pikirkan, supaya kita win win solution," ujar Saleh di Gedung Kemenperin, Jakarta (25/11/2014).

Dia menjelaskan, usulan APINDO terkait skema itu akan mampu memberikan gambaran kepada para pengusaha dalam menaikan upah pekerjanya setiap tahun. Selama ini kata Menperin, pengusaha mengaku kesulitan setiap kali menentukan upah.

"Sehingga ke depannya ada semacam pemikiran dalam 5 tahun kedepan untuk kenaikannya sudah terjadwal dan ada ukuran tertentu sehingga ada skema pembiayaan sehingga teratur," kata dia.

Meskipun nantinya kenaikan upah sudah ditetapkan setiap tahun dalam jangka 5 tahun, Saleh berharap para pekerja tidak meninggalkan tanggung jawabnya yaitu menjaga produktivitas. "Produktivitas juga dipertimbangkan, di satu sisi tenaga kerja diperhatikan dan satu sisi dunia usaha juga diperhatikan," kata Saleh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.