Kompas.com - 28/11/2014, 13:18 WIB
MobilMU Bank Mandiri KOMPAS.com/TABITA NUGROHOMobilMU Bank Mandiri
Penulis Tabita Diela
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi membawa berbagai konsekuensi. Salah satunya adalah penurunan daya beli masyarakat yang juga berpotensi meningkatkan jumlah kredit macet (NPL).

Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri, Hery Gunardi mengatakan, meskipun harga BBM bersubsidi naik, perseroan tetap akan menyalurkan kredit mikro, lantaran kredit ini dianggap padat karya.

Meski daya beli masyarakat menurun, pendekatan penagihan yang khusus bisa mencegah pertumbuhan NPL. "Tentunya gini, ya. Yang pertama kita jaga itu adalah mikro ini kan padat karya. Jadi, penagihannya juga musti rajin. Kan orang-orang kita kadang-kadang bayarnya seperti menabung itu kan harian modelnya. Itu orang-orang kita juga musti rajin," tutur Hery.

Selain itu, menurut Hery, ada langkah preventif lain yang bisa diambil oleh Bank Mandiri. Contohnya selektif dalam memilih nasabah kredit. "Kedua, selektif dalam pemilihan nasabah baru. Lebih selektif saja, kita pilih yang benar-benar punya usahanya itu bisa memberikan penghasilan yang memadai agar mereka bisa bayar cicilan," imbuhnya.

Sebagai catatan, sampai akhir tahun 2014 Bank Mandiri menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan, khususnya ke sektor mikro, sebesar Rp 37 triliun. Jumlah ini tumbuh 37 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penyaluran kredit ini juga ditopang oleh pertumbuhan tabungan mikro Bank Mandiri yang hingga kuartal III-2014 tumbuh 38,5 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya menjadi 1,8 juta nasabah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.