Kompas.com - 01/12/2014, 20:28 WIB
Pengusaha, Sandiaga Uno Kompas.com/Kurnia Sari AzizaPengusaha, Sandiaga Uno
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Saratoga Investama Sedaya melakukan penataan ulang kesepakatan pinjaman (reprofiling utang) dengan debitur. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menerbitkan surat utang jangka menengah (Medium Term Notes/MTN) senilai Rp725 miliar melalui private placement.

Penerbitan MTN yang diatur oleh PT DBS Vickers Indonesia ini digunakan untuk membiayai kembali pinjaman Saratoga dari DBS Ltd sebesar 57,5 juta dollar AS. MTN ini akan jatuh tempo pada tahun 2017, dengan bunga tetap sebesar 11,75 persen per tahun.

Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya, Tbk Sandiaga S. Uno mengatakan, perseroan konsisten meningkatkan value perusahaan melalui berbagai strategi investasi, termasuk melakukan diversifikasi pendanaan.

"Kami percaya dalam setiap situasi selalu ada peluang untuk memperkuat fundamental perusahaan. Diversifikasi pendanaan yang sudah dilakukan tahun ini akan memberikan keuntungan maksimal dalam jangka panjang," kata Sandiaga, dalam keterangan resminya,  Senin (1/12/2014).

Sandiaga menambahkan, faktor pendanaan menjadi salah satu kunci sukses Saratoga dalam menjalankan strategi investasi. Melalui penerbitan MTN yang berdenominasi rupiah tersebut, Saratoga dapat mengelola risiko keuangan menjadi lebih baik dan efisien.

Salah satu langkah strategis untuk memperkuat fundamental perusahaan adalah dengan mengakuisisi PT Gilang Agung Persada. Akuisisi tersebut menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk memperkuat bisnis utama di sektor konsumer.

PT Gilang Agung Persada merupakan perusahaan bisnis fesyen, lifestyle dan luxurious brand yang berada di Indonesia. Saratoga mengakuisisi 4,17 persen saham PT GAP senilai 5 juta dollar AS. Saratoga juga menempatkan 167.000 dollar AS dalam exchangeable bonds yang dapat dikonversi menjadi 1,67 persen saham, sehingga total kepemilikan saham Saratoga di PT GAP akan menjadi 5,83 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chief Financial Officer Saratoga, Jerry Ngo mengatakan, akuisisi terhadap PT GAP merupakan upaya perusahaan untuk memaksimalkan potensi pasar industri fesyen yang tumbuh luar biasa di Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah kelas menengah dan perubahan gaya hidup masyarakat, bisnis fesyen akan menjadi sumber ekonomi yang menguntungkan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.