Impor Minyak Angola, Pertamina-Sonangol Bentuk Perusahaan Patungan

Kompas.com - 03/12/2014, 16:05 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyatakan akan membentuk joint venture atau perusahaan patungan, dengan perusahan minyak asal Angola yaitu Sonangol terkait impor minyak. Pertamina pun menyebut apabila joint venture berhasil, maka Indonesia akan dapat diskon besar membeli minyak dari Angola.

"Ya saya katakan karena syarat di MoU belum terpenuhi. Tapi bukan berarti enggak ada gunanya (joint venture) dengan tadi Sonangol itu. Kalau joint venture ini terpenuhi, kita dapat diskon banyak (beli BBM)," ujar Direktur Pertamina Ahmad Bambang disela-sela acara Pertamina Outlook 2015, Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Dia menjelaskan, proses joint venture dengan Sonangol itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun kata dia, apabila dalam dua bukan ke depan terjadi kesepakatan, maka itu akan sangat baik bagi Pertamina.

"Kita harapkan, saya pernah bikin joint venture dengan Korea lama juga sih emang prosesnya. Tapi kalau 1-2 bulan bisa selesai itu bagus. Kalau Januari bisa jadi, Februari kita bisa dapat privilege sesuai dengan harga MoU," kata dia.

Pertamina dan perusahaan minyak asal Angola, Sonangol EP belum mencapai kata sepakat mengenai harga minyak yang akan dipasok ke Indonesia. Diskon harga minyak mentah dari Sonangol EP juga masih simpang siur.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, menyatakan, proses negosiasi pembelian minyak dengan perusahaan dari Angola itu masih berlangsung dan belum tuntas."Prosesnya belum final, jadi tidak boleh ada kesimpulan apapun," kata Sudirman di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (2/12/2014).

Menurut dia, soal harga minyak itu akan dibahas secara bisnis antara direksi Pertamina dengan pihak Sonangol. Sudirman berani menjamin bahwa pembelian minyak ke Sonangol tersebut tetap lebih menguntungkan bagi Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.