Harga BBM Bersubsidi Naik, Konsumsi Pertamax Meroket 237 Persen

Kompas.com - 03/12/2014, 17:39 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam sepekan terakhir, PT Pertamina (Persero) mencatat terjadi lonjakan konsumsi Pertamax sebesar 237 persen. Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Suhartoko menduga, hal tersebut merupakan dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berubsidi pada 18 November 2014 lalu.

“Seminggu terakhir, rata-rata konsumsi Pertamax 5.219 kiloliter per hari. Sebelumnya 2.200 kiloliter per hari. Ini belum pada balance sesungguhnya, bisa jadi itu terus naik,” kata Suhartoko kepada wartawan usai bertemu dengan Tim Reformasi Tata Kelola Migas, di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (3/12/2014).

Suhartoko memperkirakan konsumsi Pertamax bakal terus meningkat, bukan hanya pekan-pekan awal setelah harga Premium dan solar naik. Dia melihat kecenderungan migrasi bakal permanen, alias masyarakat tidak akan beralih kembali ke Premium.

“Karena, orang yang sudah beli Pertamax tahu persis enaknya Pertamax seperti apa, sehingga tidak akan kembali (ke Premium). Hehehe,” imbuh Suhartoko.

Sayangnya, yang juga diakui Suhartoko, meski ada migrasi dari Premium ke Pertamax, kuota BBM bersubsidi tetap jebol. “Tetap jebol PSO (Public Service Obligtion) keseluruhan, karena solarnya sudah terlalu parah. Jadi total PSO yang 46 juta kiloliter itu akan jebol,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.