Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanding Audit Internal, Susi Lebih Percaya Audit Masyarakat

Kompas.com - 04/12/2014, 22:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti merasa heran dengan lembaga-lembaga yang tidak pernah mempublikasikan audit internalnya. Pasalnya kata dia, tanpa dipublikasi maka tidak ada umpan balik dari masyarakat.

"Yang saya lihat hasil dari internal audit jarang di-publish. Oh tidak boleh, why? Kalau tidak di-publish itu kan menutup counter information. Jadi siapa yang counter internal audit. I think the information untuk input feedback dari masyarakat akan sangat bagus," ujar Susi saat berbicara dalam acara Ombudsman, Jakarta, Kamis (4/12/2014).

Dia mengatakan, dirinya lebih percaya kepada audit masyarakat dari pada internal audit. Pasalnya, dengan adanya umpan balik dari masyarakat maka suatu lembaga dapat mengetahui pandangan publik terhadap kinerja birokrasi.

Menurut dia, publikasi terkait audit internal merupakan bagian dari transparansi publik. Dengan begitu, maka masyarakat mampu mengetahui kinerja dari suatu lembaga.

Sebelumnya, Susi juga sangat fokus kepada pembahasan terkait pelayanan publik. Bagi dia, pelayanan publik yang baik merupakan cermin dari suatu birokrasi.

baca juga: Susi: Pengusaha Kita Masuk ke Atas Ring, Ditonjok Negara Lain, Habislah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com