Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Konektivitas, Frekuensi Penerbangan Perintis Akan Ditambah

Kompas.com - 09/12/2014, 13:43 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menggairahkan sektor pariwisata, pemerintah berencana untuk meningkatkan konektivitas. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo menuturkan, pemerintah akan memperbanyak frekuensi penerbangan dan pelayaran perintis.

"Kalau angkanya (anggaran) sedang disusun. Tapi, kami mengusulkan tambahan dari pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) khusus untuk meningkatkan frekuensi pada penerbangan perintis dan pelayaran perintis," ucap Indroyono kepada wartawan, ditemui usai Raker Aswindo, Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Menurut Indroyono, jika kedua frekuensi tersebut ditingkatkan, maka akan mendorong konektivitas antar wilayah utamanya pulau-pulau kecil. Selain meningkatkan frekuensi penerbangan dan pelayaran perintis, pemerintah juga akan meningkatkan elektrifikasi di 47 wilayah terpencil dan berpenghuni.

"Harapan kita, di peringatan HUT RI ke-70 bisa nyala semua," ujar dia.

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan pada Indroyono dan jajarannya untuk menggenjot penerimaan dari sektor pariwisata. Kunjungan wisatawan asing (wisman) pada 2015 ditargetkan sebanyak 10 juta kunjungan, dan meningkat menjadi 20 juta kunjungan pada 2019.

Penerimaan dari sektor pariwisata pada akhir pemerintahan Jokowi ditarget mencapai Rp 240 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com