Tingkatkan Konektivitas, Frekuensi Penerbangan Perintis Akan Ditambah

Kompas.com - 09/12/2014, 13:43 WIB
Menko Maritim Indroyono Soesilo ican/kompas.comMenko Maritim Indroyono Soesilo
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menggairahkan sektor pariwisata, pemerintah berencana untuk meningkatkan konektivitas. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo menuturkan, pemerintah akan memperbanyak frekuensi penerbangan dan pelayaran perintis.

"Kalau angkanya (anggaran) sedang disusun. Tapi, kami mengusulkan tambahan dari pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) khusus untuk meningkatkan frekuensi pada penerbangan perintis dan pelayaran perintis," ucap Indroyono kepada wartawan, ditemui usai Raker Aswindo, Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Menurut Indroyono, jika kedua frekuensi tersebut ditingkatkan, maka akan mendorong konektivitas antar wilayah utamanya pulau-pulau kecil. Selain meningkatkan frekuensi penerbangan dan pelayaran perintis, pemerintah juga akan meningkatkan elektrifikasi di 47 wilayah terpencil dan berpenghuni.

"Harapan kita, di peringatan HUT RI ke-70 bisa nyala semua," ujar dia.

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan pada Indroyono dan jajarannya untuk menggenjot penerimaan dari sektor pariwisata. Kunjungan wisatawan asing (wisman) pada 2015 ditargetkan sebanyak 10 juta kunjungan, dan meningkat menjadi 20 juta kunjungan pada 2019.

Penerimaan dari sektor pariwisata pada akhir pemerintahan Jokowi ditarget mencapai Rp 240 triliun.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.