Atasi Kayu Ilegal, Menteri Siti Nurbaya Carikan Anggaran untuk Sertifikasi Kayu

Kompas.com - 10/12/2014, 04:00 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar menegaskan, Pemerintah Indonesia tidak mentoleransi adanya kayu ilegal dan penggunaan kayu ilegal dalam industri kayu.

Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK), sebut Siti, akan menjadi salah satu instrumen untuk mengawasi dan mengatasi kayu ilegal.

Untuk mengukung penerapan SVLK, Siti mengaku tengah berupaya memintakan anggaran dari pemerintah untuk membantu pelaku industri kayu mengantongi SVLK. “Saya lagi minta,” kata dia, Selasa (9/12/2014).

“Pertimbangannya kalau itu (SVLK) untuk pengawasan legalitas kayu, dan kita ingin kokoh bahwa kita tidak toleransi tentang kayu ilegal, maka sebaiknya pemerintah keluar duit untuk kontrol itu,” tegas Siti.

Selain itu, Siti juga mengaku sedang mengupayakan ada alokasi APBN untuk membantu industri kecil di bidang perkayuan ini. "Prinsipnya, seharusnya kalau industri kita belum cukup kapasitasnya, ya kita harus dukung,” tegas Siti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.