Kompas.com - 11/12/2014, 17:38 WIB
Suasana demo buruh di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (10/12/2014). KOMPAS.COM/UNO KARTIKASuasana demo buruh di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (10/12/2014).
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) Guy Rydermeyakini masalah upah buruh di Indonesia bisa diselesaikan dengan cara duduk bersama antara pemerintah, karyawan dan perusahaan.

“Kebetulan saya datang ke Jakarta kemarin bersamaan dengan aksi unjuk rasa buruh yang cukup besar. Tetapi masalahnya, apakah unjuk rasa merupakan cara terbaik untuk menuntut upah?” ucap Guy Ryder kepada Timothy Marbun dari Kompas TV, dalam wawancara khusus di Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Untuk menyelesaikan masalah pengupahan, menurut Guy Ryder, cara terbaik adalah melalui pertemuan rutin antarapemangku kepentingan. “Jadi tidak perluturun kejalan, tetapi pertemuan dalam sebuah ruangan,” kata Guy Ryder.

Untuk itu, sudah menjadi tugas ILO untuk membantu mempertemukan ketiga pihak  tersebut, sekaligus membantu mencarikan solusi terbaik. Meski begitu, Guy Rider tidak dapat menjamin formulasi itu selalu ampuh.
“Jika Anda bertanya  apakah ada formulasi terbaik supaya berhasil? Jawabannya adalah tidak. Karena setiap negara punya cara pandang berbeda dalam menjalankan kebijakan soal penyelesaian perburuhan. Tetapi Indonesia juga bisa meniru pengalaman negara lain,” urai Guy Ryder.

Kedatangan Direktur Jendral ILO Guy Ryder ke Indonesia, pada 10–13 Desember 2014 adalah yang pertama kalinya. Dia dijadwalkan akan bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla, Kementerian Tenaga Kerja, Asosiasi Pengusaha serta Konfederasi Serikat Pekerja.

Lebih lengkap mengenai apa saja formulasi ILO untuk membantu menyelesaikan masalah upah dan perburuhan di Indonesia, ikuti selengkapnya dalam wawancara khusus Timothy Marbun dari Kompas TV dan Dirjen ILO Guy Ryder, dalamProgram Kompas Petang, Kamis 11 Desember 2014, pukul 16.30 – 18.30. (AlwiyahHusin/Kompas TV)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.