Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Jahja Setiaatmadja Menjaga Loyalitas Nasabah BCA

Kompas.com - 14/12/2014, 19:19 WIB

KOMPAS.com - Menjaga loyalitas 12 juta nasabah dan terus bertambah, bukan perkara gampang bagi Bank BCA. Lantas apa rahasia sukses BCA?

Presiden Direktur Bank BCA Jahja Setiaatmadja menyebut dimilikinya database nasabah berdasarkan usia. Database ini penting karena bisa berkaitan dengan pendapatan nasabah.

"Kan bisa dikelompokkan misalnya, usia remaja, masa kuliah, bekerja hingga usia 50-55 yang hobi travelling. Dari sini disesuaikan saat menawarkan produk," kata Jahja saat menjadi panelis pada diskusi panel dengan tema Power Selling saat MarkPlus Conference 2015 di Jakarta belum lama ini.

BCA membagi nasabahnya ke dalam sebuah matrix melalui umur. Data ini menjadi penting dan harus dimiliki dan menjadi kunci jaga loyalitas nasabah.

"Data ini juga mampu membantu CS memberikan pelayanan, penawaran produk yang sesuai dengan usia, yang tentunya masing-masing berbeda," katanya.

Jaga loyalitas, Jahja menghadirkan konsumen gathering. "Acaranya sengaja tidak dipakai jualan produk. Benar-benar sebagai bentuk apresiasi," katanya.

Tidak jarang, untuk kalangan nasabah kaya, dengan rekening miliaran rupiah, BCA memberikan sesuatu sebagai bentuk perhatian kepada nasabah.

"Sering nasabah kaya yang loyal pada BCA justru senang diberikan bola golf dibandingkan produk tas branded yang harganya puluhan juta. Ini karena di rumahnya terpajang produk yang harganya ratusan juta," katanya.

Di bawah kepemimpinan Jahja, BCA berhasil mengumumkan pencapaian kinerja yang solid untuk periode sembilan bulan pertama 2014.

Total pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lainnya tumbuh 22,9 persen YoY menjadi Rp 30,1 triliun, dibandingkan dengan Rp 24,5 triliun pada periode yang sama di tahun 2013. (Eko Sutriyanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com