Pengamat: Cukuplah Gedung Indosat di Ring 1 yang Lepas ke Swasta

Kompas.com - 17/12/2014, 13:27 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu mendukung itikad Rini Soemarno yang ingin melakukan efisiensi, termasuk mengurangi kantor-kantor BUMN yang tidak efisien.

"Tapi mungkin bukan dengan cara menjual Kantor Kementerian BUMN yang lokasinya berada di lingkaran 1, Jalan Merdeka," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (17/12/2014).

Menurut Said, cukuplah gedung Indosat yang menjadi "saksi bisu" pelepasan aset negara di lingkaran 1 tersebut. "Gedung Indosat adalah satu-satunya gedung swasta yang saat ini ada di lokasi ring 1," imbuh peneliti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) itu.

Said menilai, upaya efisiensi bisa dilakukan dengan menyewakan gedung tersebut ke pihak lain. "Seperti SKK Migas dan BUMN/perwakilan BUMN yang saat ini masih menyewa di berbagai tempat," ucap Said.

Menurut dia, Gedung Kementerian BUMN yang ada di Jl.Merdeka Selatan, Jakarta Pusat bisa digunakan juga bersama dengan Kementerian/Lembaga yang belum memiliki kantor.

"Perlu diketahui bahwa anggaran Kementerian BUMN selama ini adalah yang terendah dari seluruh Kementerian dan Lembaga yang ada, hanya sekitar Rp 200 miliar-Rp 300 miliar per tahun," pungkas Said.

Sebagaimana diketahui, wacana penjualan Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencuat, setelah Menteri Rini Soemarno menyatakan Kementerian akan melakukan efisiensi, awal pekan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.