Kompas.com - 22/12/2014, 08:39 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah belum sepenuhnya lepas dari tekanan pelemahan. Di awal pekan ini, Senin (22/12/2014), mata uang garuda masih dalam pengawasan Bank Indonesia agar bergerak sesuai nilai fundamentalnya.

Tekanan atas rupiah masih berlanjut sejak pekan lalu. Kembali meningkatnya harga minyak mentah dunia seiring dengan kembali meningkatnya tensi geopolitik di Libya dan aksi mogok pekerja tambang minyak di Nigeria, awal pekan lalu, belum signifikan mengimbangi penguatan dollar AS. Akibatnya laju rupiah kembali kian tertekan.

Meski pelemahan rupiah masih terjadi namun menurut riset Woori Korindo Securities Indonesia, hal itu dapat tertahan dengan adanya intervensi dari BI senilai Rp 200 miliar melalui pembelian obligasi. Imbas intervensi BI tersebut cukup mampu membangkitkan persepsi positif terhadap rupiah.

Hasil rapat FOMC yang memberikan sinyal belum akan dinaikannya suku bunga The Fed juga memberikan angin segar bagi rupiah untuk dapat melanjutkan penguatannya.

Pernyataan BI dinilai cukup positif dengan pernyataan akan menjaga rupiah di level Rp 11.900-12.300 per dollar AS. Pekan ini rupiah diproyeksikan ada di rentang Rp 12.480-12.975 per dollar AS.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.