Ketemu Jusuf Kalla, Delegasi Tiongkok "Unjuk Kemampuan" di Bidang Infrastruktur

Kompas.com - 22/12/2014, 23:36 WIB
Andrinof Chaniago KOMPAS.com/Indra AkuntonoAndrinof Chaniago
Penulis Icha Rastika
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Tindak lanjut kesepakatan kerja sama yang pernah dibahas Presiden Joko Widodo dan Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping, menjadi bahan pembicaraan delegasi Tiongkok dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin (22/12/2014).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, mengatakan, delegasi Tiongkok menawarkan kemampuan mereka di bidang infrastruktur, salah satunya adalah pembangunan pembangkit listrik.

"Kalau (infrastruktur bidang) energi ya pembangkit listrik. Mereka bilang sudah biasa setiap tahun membangun pembangkit 80.000 hingga 100.000 mega Watt," kata Andrinof di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (22/12/2014), seusai mengikuti pertemuan tersebut.

Kapasitas pembangkit yang disebut biasa dibangun tiap tahun oleh delegasi Tiongkok itu, ujar Andrinof, tiga kali lipat dari rencana kapasitas pembangkit listrik yang akan dibangun Indonesia dalam periode pemerintahan Jokowi-Kalla, yakni 35.000 mega Watt.

Selain soal pembangkit listrik, lanjut Andrinof, delegasi Tiongkok juga menawarkan kerja sama membangun sistem transportasi kereta api cepat. "(Lalu), tadi disinggung pula fasilitas pembiayaan. Mereka punya bank pemerintah dan bank komersial," ucap dia.

Namun, Andrinof mengatakan belum ada fokus khusus dari pembicaraan itu, dan rencananya ada pertemuan lanjutan. Meski demikian, ujar dia, Kalla merespons positif tawaran yang disodorkan delegasi Tiongkok.

"Memang sesuai prioritas. Dari pengalaman selama ini ada yang bagus teknologi dari Tiongkok, tapi ada yang kurang bagus. Lalu direspons baik, kami akan memperhatikan pentingnya pengawasan," tutur Andrinof.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.