Nielsen: Loyalitas Nasabah Bank di Indonesia Hanya Selama 3,7 Tahun

Kompas.com - 23/12/2014, 15:13 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Reputasi yang baik, jumlah kantor cabang yang banyak dan biaya administrasi bulanan menjadi tiga pertimbangan utama konsumen Indonesia dalam memilih bank.

Hal itu terungkap dalam Bank Rapid Reaction Monitor yang diselenggarakan oleh Nielsen Indonesia, yang dijaring dari 1.900 responden di sembilan kota besar di Indonesia. Dalam riset tersebut juga terungkap bahwa rata-rata konsumen Indonesia menjadi nasabah suatu bank hanya selama 3,7 tahun.

Director of Banking and Financial Service Industry, Nielsen Indonesia Dena Firmayuansyah menuturkan, untuk meningkatkan loyalitas, bank perlu memungut biaya transaksi yang murah dan memperbanyak ketersediaan ATM.

“Dengan rendahnya penetrasi perbankan dan rendahnya belanja iklan, perbankan perlu memahami motif-motif yang mendorong konsumen untuk memilih bank, memilih motif mana yang menjadi prioritas dan menjadikannya pesan dalam iklan-iklan mereka. Dengan kata lain, bank perlu membangun brand promise mereka,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (23/12/2014).

Dena menjelaskan, ada tiga hal kunci yang perlu menjadi perhatian perbankan memperkuat pesannya, yaitu untuk menciptakan keinginan pasar, mengikat loyalitas nasabah dan untuk memicu word of mouth.

Sementara itu untuk memenangkan pasar, strategi kuncinya adalah melakukan evaluasi brand positioning saat ini dan memilih area yang memiliki kesempatan terbesar untuk membedakan dengan yang lain.

Selanjutnya, bank perlu mengelola kesenjangan antara brand promise vs brand experience, serta mengidentifikasi customer contact points.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.