BPS: Usaha Tanaman Bawang Merah Paling Boros untuk Benih

Kompas.com - 23/12/2014, 19:08 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan total biaya produksi usaha tanaman bawang merah per satu hektar untuk sekali musim tanam yang dipanen sendiri, tahun 2014, mencapai Rp 67,2 juta.

“Biaya produksi usaha tanaman bawang merah yang paling besar itu ada pada biaya untuk benih sebesar 38,58 persen terhadap total pengeluaran,” sebut Kepala BPS, Suryamin, Selasa (23/12/2014).

Selain itu, biaya produksi untuk upah pekerja dan sewa lahan juga relatif besar, yaitu masing-masing mencapai 30,29 persen dan 9,30 persen. “Nilai produksi per hektar per musim tanam sebesar Rp 77,2 juta,” imbuh dia.

Suryamin menuturkan, biaya produksi tanaman bawang merah yang ditanam pada musim kemarau sebesar Rp 64,6 juta. Sementara itu, biaya produksi tanaman bawang merah yang ditanam pada musim hujan mencapai Rp 72,2 juta. Perbedaan biaya produksi tersebut disebabkan oleh besarnya perbedaan pengeluaran untuk benih sebesar Rp 8,8 juta, sewa lahan sebesar Rp 1,6 juta, dan pestisida sebesar Rp 674.600.

“Biaya produksi terbesar pada musim kemarau dan musim hujan adalah biaya untuk benih, masing-masing sebesar Rp 22,9 juta (35,39 persen), dan Rp 31,7 juta (43,89 persen),” pungkas Suryamin.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.