Kompas.com - 24/12/2014, 07:19 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah akan kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Rabu (24/12/2014). Otoritas Bank Indonesia diperkirakan masih berjaga di pasar untuk mengurangi tekanan atas mata uang garuda.

Indeks dollar AS di pasar global kembali naik di awal pekan, sebagaimana terlihat dalam data pagi ini. Kondisi ini potensial untuk menambah tekanan atas rupiah. Laju nilai tukar rupiah kembali melemah, kemarin, seiring berbalik positifnya nilai dollar AS.

Menurut riset Woori Korindo Securities Indonesia, beredarnya perkiraan akan membaiknya rilis data-data AS menjadi sentimen penguat dollar AS. Data itu khususnya PDB AS yang akan diperkirakan meningkat.

Adanya ekspektasi tersebut membuat pelaku pasar kembali mentransaksikan dollar AS dan tentu saja nilainya menguat. Apalagi indeks saham utama di AS kembali membuat rekor tertingginya sepanjang sejarah.

Laju rupiah berada di bawah target level support Rp 12.475 per dollar AS. Masih adanya imbas dari rilis data-data ekonomi AS yang kian naik membuat sentimen negatif masih akan menyelimuti sehingga waspadai potensi pelemahan lanjutan atas mata uang garuda. Rupiah diperkirakan berada di rentang Rp 12.468-12.448 per dollar AS. (kurs tengah BI).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.