Sofyan Djalil: Pemerintah Mau Mereformasi Total Ditjen Pajak

Kompas.com - 24/12/2014, 12:58 WIB
Menteri Perekonomian Sofyan Djalil. KOMPAS.com/Abba GabrillinMenteri Perekonomian Sofyan Djalil.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan bahwa pemerintah ingin mereformasi Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Hal tersebut dilakukan agar terjadi peningkatan pendapatan negara dari sektor pajak yang besar.

"Intinya, pemerintah ingin mereformasi dirjen pajak, reformasi total di organisasi dirjen pajak," ujar Sofyan saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian , Jakarta, Rabu (24/12/2014).

Dia menjelaskan, reformasi total dalam struktur instansi bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, Kemenkeu kata dia sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Nantinya, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Presiden terkait pertimbangkan struktur organisasi di Ditjen Pajak. Selain itu, reformasi Ditjen Pajak juga akan meliputi penambahan wewenang yang lebih luas ketimbang saat ini.

Sofyan mengatakan, dengan reformasi tersebut, diharapkan akan berimbas kepada kinerja Ditjen Pajak sehingga pendapatan negara dari pajak bisa bertambah.

"Kita ingin capai penerimaan pajak sampai 2018 sesuai dengan negara-negara yang tingkat ekonomi maju. Jadi paling sedikit harus mencapai paling sedikit 17 persen dari GDP," kata dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.