Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Lesu Natal dan Tahun Baru Hunian Hotel Sepi

Kompas.com - 24/12/2014, 15:27 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Lesunya perekonomian nasional dan lemahnya nilai tukar rupiah ternyata berimbas pada tingkat hunian hotel jelang Natal dan tahun baru di Bengkulu, di mana tingkat hunian turun drastis hingga mencapai 30 persen.

Hal ini diungkap Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bengkulu, Sony Adnan, Rabu (24/12/2014). Menurutnya, jika dibanding pada tahun-tahun sebelumnya H-7 menjelang natal dan tahun baru tingkat pesanan hotel telah mencapai 90 persen.

"Namun tahun ini baru terisi hotel-hotel di Bengkulu mencapai 70 persen, hal ini disebabkan lesunya perekonomian nasional dimana harga batubara, CPO, karet dan hasil bumi lainnya cenderung menurun di pasaran internasional dan nasional sehingga masyarakat berfikir ulang untuk merayakan tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Sony, Rabu (24/12/2014).

Meski menurun, namun pengelola hotel mengayakan tak akan menurunkan tarif hunian. "Semua harga tarif tetap berlaku normal tak ada perubahan, jika ada promo itu relatif sama dengan harga normal, ini memang kondisi yang sulit padahal mommen seperti ini merupakan target kami untuk menaikkan rate," imbuh dia.

Tahun lalu, permintaan kamar hotel di Bengkulu cukup tinggi. Bahkan, beberapa hotel terpaksa menyulap ruangan gudang menjadi kamar akibat tingginya animo masyarakat. Namun tahun ini kondisi tersebut justru terbalik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com