Kompas.com - 30/12/2014, 15:37 WIB
Bank Mutiara KOMPAS/HERU SRI KUMOROBank Mutiara
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika sebelumnya Bank Mutiara berfokus pada nasabah menengah ke atas, maka ke depan di bawah pemilik baru, J Trust, manajemen mengubah fokus dengan menyasar Micro and Small and Medium Entreprise (MSME) atau UMKM.

"Komitmen Bank Mutiara ke OJK adalah memperkuat binis bank, arahnya MSME. Sebelumnya banyak kredit komersial, consumer, otomotif loan, nantinya akan digeser, komersial dikurangi fokus ke micro and small business," ungkap Direktur Utama Bank Mutiara, Ahmad Fajar, di Jakarta, Selasa (30/12/2014).

Ahmad menjelaskan, ada sejumlah pertimbangan mengapa Bank Mutiara banting setir ke UMKM. Pertama, sebelumnya Bank Mutiara banyak memberikan kredit besar. Ahmad menilai, ini terlalu riskan, sebab satu saja ada kredit macet dampaknya sangat merugikan. "Pergeseran portofolio ini akan membuat risiko menjadi lebih baik," imbuh dia.

Adapun alasan kedua, yakni Bank Mutiara mencari yield kredit yang lebih tinggi. Kredit UMKM umumnya memiliki yield tinggi. "Tapi catatannya kami akan berikan kredit ke MSME dengan lebih prudent," ujar Ahmad.

Saat ini, Bank Mutiara telah memiliki 18 kimi (kiosk mikro) dengan penyaluran kredit lebih dari Rp 100 miliar. Nantinya, kata Ahmad, Bank Mutiara akan menambah penyaluran kredit Rp 400 miliar, dengan tambahan kimi organik 30 outlet.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.