Gubernur BI Minta Perbankan Nasional Siap Hadapi Integrasi ASEAN

Kompas.com - 31/12/2014, 15:57 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo Kompas/Heru Sri KumoroGubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardjojo meminta agar perbankan nasional siap menyongsong ASEAN Banking Integration Framework (ABIF) atau integrasi perbankan ASEAN.

Pasalnya kata dia, langkah integrasi tersebut sangat penting guna memfasilitasi kemajuan integrasi ekonomi dan keuangan ASEAN. "Kalau perbankan kita siap maka bisa ekspansi ke negara lain di kawasan regional (ASEAN)," kata Agus, Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Lebih lanjut, kata dia, ABIF merupakan kerangka dari kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MAE) yang akan diterapkan tahun 2015. Nantinya, dari 120 bank Indonesia, hanya akan ada kurang lebih tiga bank yang memenuhi syarat atau Qualified ASEAN Bank dalam kebijakan ABIF.

Sebelumnya, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Nasional Malaysia (BNM) menandatangi head of agreement terkait implementasi integrasi Perbankan ASEAN. Kesepakatan tersebut intinya diarahkan untuk mengurangi kesenjangan akses pasar bagi perbankan dikedua negara.

"Ini wujud dari keinginan Indonesia untuk memastikan availability dan terdapat tidaknya mutual benefit bagi kedua negara," kata dia.

Kesepakatan antara BI, OJK, dan BNM tersebut dalam kerangka rencana kebijakan ASEAN Banking Integration Framework (ABIF). Tujuan ABIF adalah menyediakan akses pasar dan keleluasaan beroperasi bagi perbankan di negara ASEAN.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.