Kompas.com - 02/01/2015, 09:59 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa iklim ekonomi nasional tahun 2015 sulit diprediksi. Meski demikian, ia optimistis perekonomian nasional akan tumbuh secara positif.

Jokowi menjelaskan, tidak dapat diprediksinya perekonomian nasional disebabkan kuatnya pengaruh dari pasar global. Ia berjanji akan bekerja keras merancang strategi untuk mengupayakan stabilitas perekonomian di Indonesia.

"Kalau kita melihat memang sekarang ini banyak dipengaruhi oleh eksternal, pasar global. Sulit kita menduga akan seperti apa, kita harus optimistis 2015 akan lebih baik," kata Jokowi, saat mengunjungi Pasar Blok A, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (2/1/2015).

Jokowi menjelaskan, dirinya masih melihat ruang fiskal yang cukup untuk menstimulus pertumbuhan ekonomi nasional. Ruang fiskal itu akan dialokasikan untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan merangsang usaha kecil serta ekonomi kreatif.

"Kerja apapun harus dilandasi dengan rasa optimis. Kita melihat ruang fiskal APBN sangat baik, ini akan mendorong tumbuhnya ekonomi nasional," kata Jokowi.

baca juga:
Harga Minyak dan ”Jokowinomics”
Sama-sama "Bersaldo Nol", Jokowi dan SBY Punya Motif Beda Saat Turunkan Harga BBM

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.