Kompas.com - 08/01/2015, 13:22 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memprediksi kondisi likuiditas perbankan pada tahun 2015 ini akan lebih longgar dibanding tahun lalu. Sebab sejak dini, industri perbankan sudah bersiap untuk menyesuaikan pertumbuhan kredit dengan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK).

Mochammad Doddy Arifianto, Kepala Subdivisi Risiko Perekonomian dan Sistem Perbankan LPS mengatakan, sepanjang awal tahun lalu hingga akhir kuartal III 2014, industri perbankan relatif terlambat melakukan penyesuaian pertumbuhan kredit dengan pertumbuhan DPK.

“Saat itu memang bank-bank besar BUMN mematuhi arahan regulator untuk memperlambat penyaluran kredit. Tapi sebagian besar bank masih optimis untuk mendorong pertumbuhan kredit tinggi. Itulah sebabnya mengapa loan to deposit ratio (LDR) kita sempat menembus 91 persen,” kata Doddy saat dihubungi KONTAN, Kamis (8/1/2015).

Kondisi tahun ini, menurut Doddy berbeda. Sebagian besar bank telah menyadari pentingnya untuk memperlambat pertumbuhan kredit agar linier dengan pertumbuhan DPK. “Ini yang membuat saya yakin likuiditas perbankan kita tahun ini tidak akan mengalami keketatan seperti pada tahun lalu,” ujar Doddy.

Menurut perkiraan LPS, di akhir tahun 2014, jumlah kredit yang disalurkan perbankan akan tumbuh 13,8 persen secara year on year (yoy). Sementara DPK yang dihimpun perbankan akan tumbuh sekitar 13 persen secara yoy.

Adapun tahun ini, LPS memperkirakan jumlah kredit yang disalurkan perbankan akan tumbuh 14,2 persen secara yoy. “Sementara DPK yang dihimpun perbankan akan tumbuh sekitar 11,5 persen secara yoy,” pungkas Doddy. (Adhitya Himawan)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.