Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target Swasembada, Mentan "Tawaf" 15 Provinsi

Kompas.com - 09/01/2015, 10:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, selama dua bulan terakhir, dirinya sibuk berkeliling Indonesia. Hal itu sebagai upaya untuk mencapai swasembada pangan yang ditargetkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya tawaf 2 bulan ini. Saya sudah kunjungi 15 provinsi, untuk mengetahui masalah," kata Amran dalam diskusi di Kadin, Jakarta, Jumat (9/1/2014).

Dalam diskusi tersebut, Amran mendengarkan banyak keluhan dari pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. Amran juga menampung banyak usulan dari para pengusaha. Dia pun setuju dengan usulan-usulan para pengusaha, agar swasembada pangan tercapai.

Amran menilai, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah tantangan yang begitu berat. "Saya support, apapun untuk mencapai swasembada. Karena tantangan MEA ini betul-betul berat," kata Amran.

Amran yang mengaku sudah melepaskan predikatnya sebagai pengusaha, memastikan pemerintah akan mempermudah para pelaku usaha pertanian. "Jangan dibalik, kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah," kata dia.

baca juga:
Jokowi: Tiga Tahun Belum Swasembada, Saya Ganti Menteri Pertanian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com