Kejar Target Swasembada, Mentan "Tawaf" 15 Provinsi

Kompas.com - 09/01/2015, 10:00 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, selama dua bulan terakhir, dirinya sibuk berkeliling Indonesia. Hal itu sebagai upaya untuk mencapai swasembada pangan yang ditargetkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya tawaf 2 bulan ini. Saya sudah kunjungi 15 provinsi, untuk mengetahui masalah," kata Amran dalam diskusi di Kadin, Jakarta, Jumat (9/1/2014).

Dalam diskusi tersebut, Amran mendengarkan banyak keluhan dari pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. Amran juga menampung banyak usulan dari para pengusaha. Dia pun setuju dengan usulan-usulan para pengusaha, agar swasembada pangan tercapai.

Amran menilai, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah tantangan yang begitu berat. "Saya support, apapun untuk mencapai swasembada. Karena tantangan MEA ini betul-betul berat," kata Amran.

Amran yang mengaku sudah melepaskan predikatnya sebagai pengusaha, memastikan pemerintah akan mempermudah para pelaku usaha pertanian. "Jangan dibalik, kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah," kata dia.

baca juga:
Jokowi: Tiga Tahun Belum Swasembada, Saya Ganti Menteri Pertanian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.