Kompas.com - 12/01/2015, 07:07 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

Oleh: Jazak YA
@jazakYA


KOMPAS.com -
Mengacu pada edisi pertama kita minggu lalu, (baca: Pemimpin Hebat Bukanlah Superman…) bisa jadi bukan cuma Anda yang sesekali salah tafsir.  Ya, ada kekeliruan yang sudah terlanjur menjadi pemahaman khalayak awam bahwa seorang yang telah ditunjuk atau diangkat menjadi supervisor atau manajer otomatis adalah seorang pemimpin atau leader.

Padahal terdapat perbedaan yang cukup mendasar antara seorang manajer dan seorang pemimpin, beberapa ahli telah mendefinisikan perbedaan tersebut.

Therefore, it is true to say that, “All managers are leaders, but all leaders are not managers.”

Salah satu definisi manajemen yang banyak dianut orang adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Jadi dalam kalimat pendek, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen.
Dari istilah manajemen, muncullah istilah manajer sebagai bentuk tunggal.

Apa itu manajer?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manajer adalah pejabat yang bertanggungjawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen agar tujuan unit yang dipimpinnya tercapai dengan menggunakan bantuan orang lain.

Dari uraian di atas, definisi managing atau mengelola yang diterima banyak praktisi adalah “proses mencapai tujuan melalui kerja orang lain.”

Jika ini yang dimaksud dengan managing, maka pertanyaan selanjutnya yang timbul: Bagaimana caranya menggerakkan dan mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan tugas dan mencapai tujuan? Karena fungsi ini tidak dimiliki oleh manajer atau ada dalam proses managing.

Lantas, adakah hal yang berseberangan dengan managing process saat kita bicara mengenai leading process? Di mana titik perbedaannya?

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.